Apa saja Manfaat Akhlak yang Mulia

baiklah kali ini kita akan melakukan pembahasan mengenai Manfaat Akhlak yang Mulia sambungan dari akhlak, dan sumbernya sama..hehhe, maaf saya tidak bisa menampilkan Ayat karena suatu kendala jadi artinya saja,,
Al qur’an dan Al hadist banyak memberikan informasi mengenai akhlak yang mulia . Allah berfirman yang artinya :
Barangsiapa yang mengerjakan amal saleh, baik laki-laki maupun perempuan dalam keadaan beriman, Maka Sesungguhnya akan kami berikan kepadanya kehidupan yang baik[839] dan Sesungguhnya akan kami beri balasan kepada mereka dengan pahala yang lebih baik dari apa yang Telah mereka kerjakan.

[839]  Ditekankan dalam ayat Ini bahwa laki-laki dan perempuan dalam Islam mendapat pahala yang sama dan bahwa amal saleh harus disertai iman.
Adapun orang-orang yang beriman dan beramal saleh, Maka baginya pahala yang terbaik sebagai balasan, dan akan kami titahkan kepadanya (perintah) yang mudah dari perintah-perintah kami".

Barangsiapa mengerjakan perbuatan jahat, Maka dia tidak akan dibalasi melainkan sebanding dengan kejahatan itu. dan barangsiapa mengerjakan amal yang saleh baik laki-laki maupun perempuan sedang ia dalam keadaan beriman, Maka mereka akan masuk surga, mereka diberi rezki di dalamnya tanpa hisab.

Ayat – ayat tersebut diatas dengan jelas menggambarkan keuntungan dari akhlak yang mulia, yang dalam hal ini beriman dan beramal shaleh. Mereka itu akan memperoleh kejidupan yang baik, mendapatkan rezki yang berlimpah ruah, mendapatkan pahala yang berlipat ganda di akhirat dengan masuknya kedalam surga. Hal ini mengambarkan bahwa manfaat dari akhlak yang mulia adalah keberuntungan di dunia dan di akhirat. Menurut M Quraish Shihab, janji-janji Allah itu pasti akan terjadi, karena ia merupakan sunnahtullah sama kedudukannya dengan sunnatullah yang bersifat alamiah, asalkan hal tersebut ditempuh dengan cara yang tepat dan benar. Dalam hokum alam ketika air dipanaskan mencapai 100º celcius maka air akan mendidih, maka dalam hukum yang bersifat social keimanan seperti tersebut diatas terjadi pula, yaitu bahwa orang-orang yang beriman dan beramal sholeh akan mendapatkan kebahagiaan di dunia dan di akhirat pasti terjadi. Dan jika orang masih eragukan ketetapan ini , menunjukkan bahwa imannya masih perlu diperkuat.
Selanjutnya dalan hadist juga banyak keterangan tentang keberuntunga akhlak, diantaranya adalah :
1.      Memperkuat dan Menyempurnakan Agama
Nabi bersabda :
“Allah telah memilihkan agama islam untuk kamu, hormatilah agama dengan akhlak dan sikap dermawan.karena islam itu tidak akan sempurna dengan akhlak dan sikap dermawan itu.”
“berakhlak yang baik dan berhubungan dengan tetangga dengan baik, akan membawa keberuntungan dan kemakmuran “
Berkenaan dengan akhlak tersebut al – mawardi menagtakan bertetangga dengan baik dan akhlak yang mulia akan mendatangkan keberunungan dan kemakmuran.dalam hadist tersebut secara logika dapat diterima, karena akhlak yang baik akan menimbulakan teman yang banyak dan di sukai oleh orang-orang.sehingga segal kesulitan itu dapat diselesaikan dan peluang untuk mendapatkan rezki lebih besar mengingat rezki itu dating dari interaksi social yang baik.
2.      Mempermudah Perhitungan Amal di akhirat
Nabi bersabda :
Lihatul al-maward.,adab al dunya wa al-din (Beirut:dar al – firk,)hlm.235
Lbid hlm.237
Lbid Hlm 237
“Ada tiga perkara yang membawa kemudahan hisab dan akan dimasukkan kesyurga, yaitu engkau engkau member sesuatu kepada orang yang tak pernah member apa pun kepadamu, engkau memaafkan orang yang pernah menganiayamu, dan engkau menyambung tali silahturahmi kepada orang yang tak pernah engkau kenal “(HR. Al-hakim).
3.      Menghilangkan Kesulitan
Nabi bersabda :
“Barang siapa melepaskan kesulitan orang mu’min dari kehidupannya di dunia ini, Maka Allah akan melepaskan kesulitan orang tersebut pada hari kiamat.”(HR. Muslim).
4.      Selamat Hidup di dunia dan di akhirat
“ada tiga perkara yang dapat menyelamatkan manusia yaitu, takut kepada Allah di tempat tersembunyi maupun di tempat yang terang, berlaku adil pada waktu rela maupun waktu marah, dan hidup sederhana pada waktu miskin dan pada waktu kaya.(HR. Abu syaikh)
Uraian tersebut baru menjelaskan sebagian kecil dari manfaat akhlak yang mulia.tentunya masih banyak lagi yang tidak disebutkan disini. Namun dengan pernyataan tersebut saja sudah cukup rasanya untuk meyakinkan kita bahawa akhlak yang mulia itu menghasilkan keberuntungan.
Jika akhlak yang mulia itu telah sirna, dan berganti dengan akhlak yang tercela maka kehancuran pun akan dating segera menghadangnya.penyair syauki bey mengatakan :
“Selama umat itu akhlaknya baik ia akan tetap eksis dan jika akhlaknya sirna, maka bangsa itu pun akan sirna.” 
demikian pembahasan Manfaat Akhlak yang Mulia semoga bermanfaat.

Like THIS :
Share this article to: Facebook Twitter Google+ Linkedin Technorati Digg

Jika Anda menyukai Artikel di blog ini, Silahkan berlangganan gratis via email, dengan begitu Anda akan mendapat kiriman artikel setiap ada artikel yang terbit.
Description: Apa saja Manfaat Akhlak yang Mulia Rating: 4.5 Reviewer: Berry Hardisakha - ItemReviewed: Apa saja Manfaat Akhlak yang Mulia

berryhs.com Owner Produk dari seorang enterpreneur muda berry hardisakha 4.4 10 Rp30.000 (Sale ends ) Produk Dari: Berry Foundation Kondisi Produk: excellent condition Ready Stock