Tips Cara Menghafal Al-Qur'an

inilah Tips Cara Menghafal Al-Qur'an yang saya dapatkan dari seseorang yg bernama Fatahillah Ibn Mukhlish semoga bermanfaat ya...

A. PRA MENGHAFAL

1. Pastikan bahwa antum sudah benar-benar bertaubat.
    (Baik dosa besar maupun dosa kecil. Akui semua dosa dihadapan Allah, mohon ampun dan
    berazzam tidak akan mengulangi lg. Untuk dosa yang berhubungan dengan manusia, maka
    minta maaflah segera. Tidak perlu menceritakan/memberitahukan dosa/kemaksiatan yang
    kita lakukan kepada orang lain. Cukup Allah yang tau dosa kita dan taubat kita kepada
    Allah).

2. Mencintai Al-Qur'an, senang bersama Al-Qur'an, senang mendengarkan tilawah Al-Qur'an,
    rindu menghabiskan malam bersama Al-Qur'an (walaupun belum bisa menikmati, karena
    memang rasa ini datang bertahap), merasa cukup dengan Al-Qur'an.

3. Membaca Perkataan Allah Swt. dan Rasulullah saw. tentang keutamaan Penghafal
    Al-Qur'an. (Silahkan buka dokumen tenetang KEUTAMAAN PENGHAFAL AL-QUR'AN).

B. PERSIAPAN MENGHAFAL

1. Beli mushaf Al-Qur'an yang paling nyaman kita memandang tulisannya, memegangnya,  
    membawanya.

2. Beli mushaf Al-Qur'an pojok (disetiap akhir halaman, ditutup dengan akhir ayat, artinya
    tidak ada ayat yang bersambung ke halaman berikutnya), dan jangan pernah mengganti
    mushhaf dengan mushhaf yang berbeda tampilan tulisannya. Kalau harus mengganti,
    ganti dengan mushhaf yang persis sama.

3. Sediakan waktu khusus untuk menghafal al-Qur'an, yang tidak kita ganggu dengan
    apapun, dan kita merasa sangat nyaman dengan waktu itu. Misalnya ba'da shubuh,
    ba'da ashar atau ba'da maghrib. Masing-masing kita memiliki waktu yang berbeda untuk
    itu. Setelah kita tentukan waktu itu, maka berazzam lah, bahwa waktu itu khusus
    untuk Al-Qur'an, dan tidak akan kita ganggu dengan apapun, kecuali untuk hal yang
    lebih penting dari Al-Qur'an.

4. Usahakan kita punya Guru untuk memperdengarkan hafalan kita didepan nya. Keberadaan guru ini sangat penting. Bahkan bagi Penghafal Al-Qur'an, keberadaan Guru ini sebuah keniscayaan. Namun untuk tahap awal dan bersifat sementara, kita bis cari teman yang bisa menggantikan keberadaan guru. INGAT. Hanya sementara.

Kriteria Guru Sementara:
1. Bacaan Al-Qur'annya baik (benar dan lancar).
2. Kalau tidak ada, gpp yang bacaannya masih belum benar, tapi ini sifatnya dhoruri. Harus segera mencari pengganti yang baik.

C. MULAI MENGHAFAL

     HARI I

1. Luruskan niat. Bahwa kita menghafal bukan karena ingin memperlihatkan "Saya" di mata makhluk. Tapi semata-mata karena mengejar Fadhilah yang dijanjikan Allah.

2. Yakinlah, bahwa tanpa pertolongan Allah, kita tidak akan bisa. Sesuatu yang dimudahkan Allah untuk kita, pasti mudah. Sesuatu yang tidak dimudahkan Allah untuk kita, pasti sulit. Karena itu, memohonlah kepada Allah.

3. Diwaktu yang telah kita tentukan (Ba'da shubuh/ashar/maghrib/dll), duduklah dengan nyaman di tempat yang telah kita tentukan (sebelumnya tentu kita telah bersiap diri; bersih-bersih, suci badan, pakaian, tempat).

4. Pastikan semua yang akan menggangu kita, sudah kita amankan. Contoh: Ini yang paling menggangu, HP. Jangan di silent/getar, atau kondisi apapun. Tapi, MATIKAN. Hal-hal mengganggu lainnya, masing-masing kita beda.

5. Untuk waktu pertama, test dulu kemampuan kita menghafal. Misalnya, dalam waktu 30 menit, kita kuat menghafal berapa halaman? Rata-rata, dalam waktu 30 menit, seseorang bisa menghafal 1/2 sampai 1 halaman. Ini kemampuan diawal. Seiing dengan waktu, kita akan terbiasa dan bisa menghafal lebih dari itu dalam 30 menit. Bahkan, untuk yang sudah menghafal diatas 5 juz, ada yang bisa menghafa 2.5 lembar (5 halaman) per 1 jam.

6. Misalnya kita bisa menghafal 1/2 halaman selama 30 menit, maka itulah target kita setiap hari. 1/2 halaman perhari dalam waktu 30 menit (15 menit menghafal, 15 menit melancarkan). (Jika ingin mencoba 1 jam, silahkan). Setelah kita hafal 1/2 halaman selama 30 menit, silahkan hidupkan hp dan balas sms yang masuk.

7. Usahakan jika kita menghafal pagi, kita sudah memperdengarkan bacaan kita didepan guru (atau orang yang menggantikan posisi guru, bisa teman yang baik bacaan Al-Qur'annya -gpp walaupun gak hafal- untuk menyimak hafalan kita).

8. Kemudian, ulangi hafalan baru kita tadi setiap 2 - 3 jam. Jangan lebih dari 3 jam, karena beresiko lupa. Usahakan dengan SANGAT, kita mengulang hafalan baru tadi  sebelum tidur, agar dia masuk kealam bawah sadar ketika tidur. Kemudoan ulangi lg setelah bangun tidur (Ketika Tahajud/Sholat Sunnah Qabla Shubuh atau ba'da shubuh).

Beberapa tips MENGHAFAL:
Teori 1. Baca ayat pertama berulang-ulang, hingga kita merasa "sangat akrab" dengan ayat itu. Setelah kita bisa mengulangi ayat itu dengan lancar tanpa melihat mushhaf, silahkan keayat berikutnya. Ada yang teori yang bilang, diulang 20 kali.

Teori 2. Baca setiap ayat dengan melihat makna/terjemahnya.

Teori 3. Silahkan berteori sendiri, lakukan saja sesuka kita. Mana yang paling terasa mudah dan cepat, itu yang kita pakai. Yang penting, hafalkan saja.


Like THIS :
Share this article to: Facebook Twitter Google+ Linkedin Technorati Digg

Jika Anda menyukai Artikel di blog ini, Silahkan berlangganan gratis via email, dengan begitu Anda akan mendapat kiriman artikel setiap ada artikel yang terbit.
Description: Tips Cara Menghafal Al-Qur'an Rating: 4.5 Reviewer: Berry Hardisakha - ItemReviewed: Tips Cara Menghafal Al-Qur'an

berryhs.com Owner Produk dari seorang enterpreneur muda berry hardisakha 4.4 10 Rp30.000 (Sale ends ) Produk Dari: Berry Foundation Kondisi Produk: excellent condition Ready Stock