Fakultas Sains dan Teknologi UIN, Pariwisata dan Budaya serta Produk Unggulan UMKM maupun Home Industri lokal di Riau

Fakultas Sains dan Teknologi UIN Suska Riau turut memperkenalkan pariwisata dan budaya serta produk-produk unggulan UMKM maupun Home Industri lokal di Riau , fakultas sains dan teknologi adalah fakultas teknik yang ada di uin,di fakultas sains dan teknologi memliki 5 jurusan seperti jurusan matematika, jurusan teknik informatika, jurusan sistem informasi, jurusan teknik elektro dan jurusan teknik industri.masing - masing jurusan tersebut memiliki visi dan misi sendiri, namun kali ini yang akan saya tampilkan adalah visi dan misi dari fakultas sains dan teknologi UIN suska riau , berikut visi dan misi nya :


Visi :
Menjadi lembaga pendidikan tinggi yang terbaik dalam bidang kajian Sains dan Teknologi di kawasan Asia Tenggara yang berlandaskan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi (IPTEK) dan Iman dan Takwa (IMTAK) sebagai pilar peradaban pada tahun 2013.

Misi :
1. Menghasilkan SDM yang berwawasan dan profesional dalam bidang sains dan teknologi yang terpadu dengan nilai keislaman.
2. Menghasilkan penelitian keilmuan Sains dan Teknologi yang terdepan di Asia Tenggara.
3. Memberikan pelayanan dan pengabdian terbaik pada masyarakat dan industri di bidang Sains dan Teknologi.

Tujuan :
Tujuan pendirian fakultas Sains dan Teknologi Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau adalah untuk menghasilkan sumber daya manusia Islami yang memiliki kemampuan akademik dan keterampilan terbaik dan profesional, mampu menerapkan dan mengembangkan pengetahuan dan teknologi dan menunjang kebijaksanaan pemerintah daerah dalam mengembangkan sumber daya manusia, khususnya dalam mempersiapkan tenaga ahli yang terampil dan profesional di Asia Tenggara. Visi, misi dan tujuan fakultas Sains dan Teknologi sudah dipahami oleh seluruh staff dan civitas akademika. Salah satu cara mengenalkan dan memahami visi, misi dan tujuan tersebut adalah dengan mensosialisasikannya ke setiap Program Studi. Keinginan untuk menghasilkan lulusan yang unggul baik dibidang IPTEK dan IMTAQ serta semangat dan komitmen untuk mewujudkan cita-cita yang tinggi tersebut telah tertuang dalam Visi, Misi dan Tujuan Fakultas Sains dan Teknologi sehingga dapat dijadikan acuan dalam perencanaan kerja. Sistem Penyelenggaraan Pendidikan


Fakultas Sains dan Teknologi UIN yang biasa kami singkat dengan faste atau saintek juga memiliki banyak prestasi yang luar biasa, salah satu prestasi faste ialah adanya mahasiswa faste UIN yang mendapatkan beasiswa IELSP ke Amerika,kansas yaitu boby satria jurusan teknik informatika, dari sekian banyak mahasiswa di universitas riau hanya dua orang yang menjadi perwakilan dari riau yang mendapatkan beasiswa tersebut jelas salah satunya dari Fakultas Sains dan Teknologi UIN Suska Riau terbaik di indonesia. begitu banyak prestasi yang di dapatkan faste sehingga tidak dapat saya jabarkan satu persatu, itulah tadi salah satu gambaran dari faste UIN.

bukan hanya fakultas Fakultas Sains dan Teknologi UIN yang ada di Riau , namun di riau terdapat juga berbagai pariwisata, nah ini dia pariwisata dan budaya Riau yang akan saya jabarkan sedikit .

Pariwisata Riau Pacu Jalur :
Pacu Jalur merupakan festival tahunan terbesar untuk masyarakat daerah kabupaten Kuantan Singingi khususnya pada ibu kota kabupatennya yaitu Teluk Kuantan yang berada di sepanjang sungai Kuantan. Sebelum dilaksanakan even Pacu Jalur di Teluk Kuantan, Pacu Jalur diadakan disetiap kecamatan yang ada di Kabupaten Kuantan Singingi. Tujuan awalnya di maksudkan sebagai acara memperingati hari-hari besar umat Islam seperti Maulid Nabi, ataupun peringatan tahun baru Hijriah. Namun setelah kemerdekaan Indonesia, festival pacu jalur ini ditujukan untuk merayakan Hari Ulang Tahun Kemerdekaan Republik Indonesia.


Pacu Jalur adalah perlombaan mendayung perahu panjang, semacam perlombaan Perahu Naga di negeri tetangga Malaysia dan Singapura, yaitu sebuah perahu atau sampan yang terbuat dari kayu pohon yang panjangnya bisa mencapai 25 hingga 40 meter. Di daerah Taluk Kuantan sebutan untuk perahu panjang tersebut adalah Jalur. Adapun tim pendayung perahu (jalur) ini berkisar antara 50 - 60 orang.

Sebelum acara puncak "Pacu Jalur' ini dimulai, biasanya di adakan acara-acara hiburan rakyat berupa tarian dan nyanyian untuk menghibur seluruh peserta dan masyarakat sekitar, terutama yang berada di Taluk Kuantan. Pada acara Festival Pacu Jalur tahun 2009 yang lalu, mulai di perkenalkan oleh Pemerintah Daerah setempat istilah "Jalur" Expo 2009, yaitu sebuah acara Pekan Raya berkaitan dengan Festival Pacu Jalur tersebut.

Tradisi pacu jalur yang diadakan sekali setahun pada peringatan perayaan hari kemerdekaan Indonesia menjadikan kota Taluk Kuantan sebagai tujuan wisata nasional. Perlombaan perahu panjang yang berisi lebih kurang 60 orang di Sungai Kuantan ini biasanya diikuti masyarakat setempat, kabupaten tetangga, bahkan juga ikut pula peserta-peserta dari negara-negara tetangga seperti Malaysia, Singapura dan Thailand.

Pariwisata Riau Taman Alam Mayang :
Taman Alam Mayang merupakan objek wisata alam favorit warga kota Pekanbaru, taman ini terletak 12 KM ke arah Timur dari pusat kota atau kurang lebih 20 menit perjalanan kendaraan.di dekat rumah saya juga ,di daerah bukit barisan, hehehe.



Tempat yang sejuk dan rindang karena ditumbuhi oleh pohon-pohon membuat kita dapat beristirahat dengan nyaman di rerumputan bersama dengan anggota keluarga atau dengan orang-orang tersayang sambil melihat anak-anak bermain berbagai permainan seperti ayunan, seluncuran berbagai bentuk, halang rintang.

Selain itu, bagi yang suka tantangan dapat mencoba permainan atau sarana yang dapat memacu adrenalin diantaranya meluncur dengan bergantung pada sebuah tali (flying fog) dipandu oleh tenaga-tenaga yang telah berpengalaman, naik balon udara sehingga kita dapat melihat kota Pekanbaru di kejauhan.

Di sisi lain terdapat sepeda dayung untuk mengarungi telaga yang ada di Taman Alam Mayang dan juga Bola gelembung yang sangat disenangi oleh anak-anak.

Bagi pemancing mania untuk menyalurkan hobi juga tersedia kolam ikan dengan beberapa jensi ikan seperti patin, gurami, dan lainnya.

Pariwisata Riau Danau Buatan Lembah Sari :
Wisata Danau Buatan Lembah Sari merupakan salah satu tempat wisata Pekanbaru yang bernuansa alami. Tujuan wisata yang satu ini berlokasi di Kecamatan Rumbai Pekanbaru, Riau. Limbungan adalah danau buatan berupa bendungan irigasi terletak kurang lebih 10 kilometer dari kota Pekanbaru.


Pemandangan alam sekitar Danau Buatan Lembah Sari ini memiliki panorama yang indah, sejuk, nyaman dan bukit-bukit yang ditumbuhi pepohonan, memungkinkan dikembangkan sebagai tempat atraksi wisata tirta seperti berenang, memancing, bersepeda air dan lain-lain. Saat ini banyak sekali investor tertarik ingin menanamkan modal mereka di danau ini.

Saat ini objek wisata Riau ini sedang direnovasi dengan biaya jutaan dollar guna diubah menjadi lokasi tujuan Wisata andalan Riau. Semoga lokasi Wisata Riau ini benar-benar menjadi objek Wisata Riau yang paling diminati.

Pariwisata Riau Taman Nasional Bukit Tigapuluh (TNBT):
Taman Nasional Bukit Tigapuluh (TNBT) terletak di Kabupaten Indragiri Hulu (Inhu) dan Kabupaten Indragiri Hilir (Inhil) di Provinsi Riau serta Kabupaten Bungo Tebo dan Kabupaten Tanjung Jabung di Provinsi Jambi. Luas keseluruhan Taman Nasional Bukit Tigapuluh ini awalnya adalah 127.698 hektar berdasarkan SK Menteri Kehutanan, SK No. 539/Kpts-II/1995. Kemudian luasnya ditambah menjadi 144.223 hektar berdasarkan Sk Menteri Kehutanan, SK No. 6407/Kpts-II/2002. Tetapi pada kenyataannya, telah terjadi pengurangan lahan akibat perluasan perkebunan sawit yang dilakukan oleh beberapa perusahaan dan masyarakat. Kurangnya koordinasi antar instansi dan departemen (kehutanan, pertanian/perkebunan, pemerintah propinsi/kabupaten) beserta jajarannya ke bawah, menyebabkan keluarnya izin perkebunan di lokasi TNBT tersebut. Semula kawasan Taman Nasional Bukit Tigapuluh merupakan hutan lindung dan hutan produksi terbatas. Meskipun demikian, kondisi hutan taman nasional tersebut relatif masih alami. Kondisi ini mirip dengan Cagar Biosfer Giam Siak Kecil Bukit Batu Riau Indonesia.


Untuk mencapai lokasi TNBT dapat dilakukan dari Pekanbaru menuju Siberida - Rengat di Kabupaten Indragiri Hulu sejauh kurang lebih 285 km sekitar 4-5 jam perjalanan kendaraan roda 4. Dari Siberida dapat masuk ke lokasi TNBT melalui jalan bekas HPH (Hak Pengusahaan Hutan). Jika ragu dapat bertanya ke Informasi Alamat Kantor Jl. Gerbang Sari No. 9, Pematang Reba, Rengat, Indragiri Hulu, Riau. Telp. (0769) 3412255, 341279 Fax. 341132, 341148. Untuk berkirim email silahkan ke tn.bukit30@gmail.com, bukit30_np@yahoo.com. Atau dapat juga menghubungi Kantor TNBT : Jl. Raya Rengat No. 70, Pematang Reba - Rengat Indragiri Hulu, Riau. Telp. (0769) 341279; Fax. (0769) 341148 E-mail: btnbt2003@yahoo.com.

Lokasi TNBT adalah lokasi tempat tinggal "Orang Rimba/Anak Rimba/Suku Anak Dalam/Suku Kubu" dan orang "Suku Talang Mamak" serta "Suku Melayu Tua". Satu kelompok Suku Talang Mamak berada di Dusun Semarantihan Desa Suo-Suo Kecamatan Sumai, Kabupaten Tebo, Jambi. Mereka percaya akan perlunya keseimbangan alam untuk kehidupan, sehingga mereka menjaga alam TNBT dengan sebaik-baiknya. Hanya orang-orang luarlah yang merusak dan merambah alam TNBT.

Taman Nasional Bukit Tigapuluh merupakan kawasan hutan yang berbukit di tengah-tengah hamparan dataran rendah bagian Timur Sumatera, dan mempunyai potensi keanekaragaman jenis tumbuhan/satwa endemik yang bernilai cukup tinggi. Ekosistem di TNBT sangat berbeda dengan ekosistem taman nasional lainnya karena ekosistem TNBT merupakan hutan hujan tropika daratan rendah dan merupakan peralihan antara hutan rawa dan hutan pegunungan yang terpisah yang terpisah dari rangkaian pegunungan Bukit Barisan.Temperatur udara di sekitar lokasi TNBT adalah berkisar 28° – 37°C dengan ketinggian tempat 60 - 734 meter dpl, serta letak geografis 0°40’ - 1°30 LS, 102°13’ - 102°45’ BT.

Pariwisata Riau Danau Raja :
Danau Raja sebagai objek wisata alam juga digunakan sebagai pusat kesenian Melayu Indragiri dan pusat hiburan rakyat dengan kegiatan tahunan seperti pemilihan Raja dan Ratu Indragiri. Kemudian juga merupakan tempat kegiatan olahraga tradisional seperti pacu sampan. Lokasi Danau Raja terletak di Kecamatan Rengat.

Pariwisata Riau Hutan Wisata Rimbo Terantang : ini dia Objek wisata ini berada di desa Padang Lawas yang merupakan objek wisata yang memiliki keindahan alam kawasan hutan yang masih asli dengan flora yang sangat khas. Hutan wisata ini juga berfungsi sebagai tempat penelitian. Terutama fenomena alam baik flora maupun fauna. Jenis objek wisata ini adalah wisata petualangan dengan menelusuri hutan sambil menikmati kesegaran dan ketenangan serta keindahan alam di dalam dan disekitar hutan.

Pariwisata Riau Kawasan Bangkinang Siabu : ini dia yang Memiliki daya tarik alam yang khas dan indah, kondisi floranya cukup terjaga dengan baik khawasan juga dijadikan pusat perternakan lebah madu yang menghasilkan tawon yang berkualitas baik, dan di dalamnya dijadikan tempat pembibitan ikan. Objek wisata ini terletak di desa Siabu Kecamatan Bangkinang Barat.ayo kesini,hehehe.

Pariwisata Riau Taman Rekreasi Bukit Cadika : ini dia yang Dikembangkan dari keindahan alam yang ada disekitarnya dengan menata dan melengkapi fasilitas-fasilitas yang dibutuhkan sehingga membentuk taman rekreasi dan juga dipergunakan sebagai tempat camping dan play ground. Kawasan ini terletak di tengah kota Bangkinang,silahkan yang mau berkunjung kesini.

Pariwisata Riau Rumah Asli Lontiok : ini dia yang Terletak di desa Sipungguk Kecamatan Bangkinang Barat yang berusia lebih dari 100 tahun, daya tariknya terletak pada arsitekturnya yang mencerminkan budaya masyarakat Melayu Darat, dengan perpaduan budaya Islam.tunggu apalagi,kesini yuk .

itu tadi pariwisata, nah berikut mengenai budaya riau dan kali ini saya share yang rumah adat riau nya :
Secara umum ada 5 jenis rumah adat Melayu Riau:

Balai Salaso Jatuh,
Rumah Adat Salaso Jatuh Kembar,
Rumah Melayu Atap Limas,
Rumah Melayu Lipat Kajang dan Rumah Melayu Atap Lontik.

Bentuk rumah tradisional daerah Riau pada umumnya adalah rumah panggung yang berdiri diatas tiang dengan bangunan persegi panjang. Dari beberapa bentuk rumah, semuanya hampir serupa, baik tangga, pintu, dinding, susunan ruangannya identik, kecuali rumah lontik yang-mendapat pengaruh Minang.

Rumah Lontik/Lancang (Kampar) Rumah lontik yang dapat juga disebut rumah lancang karena rumah ini bentuk, ciri atapnya melengkung keatas, agak runcing seperti tanduk kerbau. Sedangkan dindingnya miring keluar dengan hiasan kaki dinding mirip perahu atau lancang. Hal itu melambangkan penghormatan kepada Tuhan dan-sesama. Rumah adat lontik diperkirakan dapat pengaruh dari kebudayaan Minangkabau karena kabanyakan terdapat di daerah yang berbatasan dengan Sumatera Barat. Tangga rumah biasanya ganjil.

Balai Salaso Jatuh Balai salaso jatuh adalah bangunan seperti rumah adat tapi fungsinya bukan untuk tempat tinggal melainkan untuk musyawarah atau rapat secara adat. Sesuai dengan fungsinya bangunan ini mempunyai macam-macam nama antara lain : Balairung Sari, Balai Penobatan, Balai Kerapatan dan lain-lain. Bangunan tersebut kini tidak ada lagi, didesa-desa tempat musyawarah dilakukan di rumah Penghulu, sedangkan yang menyangklut keagamaan dilakukan di masjid.

Ciri - ciri Balai Salaso Jatuh mempunyai selasar keliling yang lantainya lebih rendah dari ruang tengah, karena itu dikatakan Salaso Jatuh. Semua bangunan baik rumah adat maupun balai adat diberi hiasan terutama berupa ukiran.

Puncak atap selalu ada hiasan kayu yang mencuat keatas bersilangan dan biasanya hiasan ini diberi ukiran yang disebut Salembayung atau Sulobuyung yang mengandung makna pengakuan terhadap Tuhan Yang Maha Esa.
nah itulah beberapa pariwisata dan budaya yang ada di Riau.

produk unggulan UMKM maupun Home Industri lokal di Riau :
selain dari Fakultas Sains dan Teknologi UIN Suska Riau serta pariwisata dan budaya,terdapat juga yang namanya produk-produk unggulan UMKM maupun Home Industri lokal di Riau.

nah yang ingin saya ulas sebagai produk-produk unggulan UMKM maupun Home Industri lokal di Riau adalah dodol nenas, saya rasa anda semua juga sudah tau mengenai dodol nenas, sebenarnya bahan dasar nanas memang menjadi trend di riau, seperti keripik nenas juga begitu, namun kali ini saya hanya akan menunjukan bagaimana luar biasanya produk unggulan UMKM maupun Home Industri lokal di Riau yang satu ini .


Nanas yang selama ini menjadi produk pertanian yang rentan pengaruh waktu atau tidak tahan lama, kini mampu bertahan hingga berbulan-bulan. Tapi itu jika dilakukan pengolahan sehingga menjadi produk yang bernilai tambah, seperti yang dilakukan mitra binaan PT Chevron Pacific Indonesia (CPI) di Kelurahan Mundam Dumai. Berkat keberhasilannya mengembangkan hasil pertanian Dumai ini, usaha dodol nenas Mundam berhasil meraih penghargaan untuk kategori produk UMKM. Penghargaan itu diraih Usaha Dodol Nenas di Kelurahan Mundam, Dumai lomba produk dalam rangka HUT Kota Dumai ke-12 belum lama ini. "Penghargaan diperoleh Usaha Dodol Nenas di Kelurahan Mundam sebagai peraih peringkat II dalam kategori Lomba Produk Unggulan UMKM yang diserahkan saat HUT Kota Dumai ke-12. (29/4).

UMKM ini, berhasil merintis pengembangan produk olahan atas potensi yang dimiliki daerah, yakni buah nenas identik yang dengan Kota Dumai,Tentu ini suatu kebanggaan CPI dan UMKM. PT Chevron Pacific Indonesia (CPI) melakukan pembinaan terhadap sejumlah Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) di Kota Dumai. Termasuk usaha dodol nenas .

program yang dilakukan PT CPI untuk pengembangan masyarakat, salah satunya untuk menciptakan kemandirian masyarakat dengan mengembangkan potensi lokal. dengan mengedepankan prinsip kemitraan.

Pendampingan usaha dodol nenas terhadap warga Kelurahan Mundam itu dilakukan PT CPI bekerja sama dengan PNPM Mandiri dan kegiatan ini tentu diharapkan dapat berkelanjutan dan menjadi sumber inspirasi.

usaha dodol nenas ini dijalankan lima anggota tetap diketuai Sri Umami, warga Jl. Muslim RT 01, Kelurahan Mundam, Dumai. Mereka dibantu enam orang lainnya yang membantu proses pengemasan

nah itu salah satu contoh sukses berkat produk dodol nenas yang ada di daerah riau, begitu luat biasanya riau ini, ayo pemuda riau mari kembangkan produk lokal dan ciptakan lapangan kerja sebagai mahasiswa Fakultas Sains dan Teknologi UIN suska Riau yang terbaik di indonesia,Amiin

semoga bermanfaat untuk pembaca dan bisa menjadi warga riau yang mencintai produk lokal serta terus berpatisipasi dalam perkembangan provinsi riau, demikian artikel berry blog mengenai kontes blog seo otik yang bertemakan Fakultas Sains Teknologi UIN Suska Riau memperkenalkan pariwisata budaya serta produk unggulan UMKM Home Industri lokal di Riau semoga bisa sukses acara kontes seo blog otiknya.

Referensi : http://www.riauonline.com/ dan http://pariwisata-riau.blogspot.com/

Like THIS :
Share this article to: Facebook Twitter Google+ Linkedin Technorati Digg

Jika Anda menyukai Artikel di blog ini, Silahkan berlangganan gratis via email, dengan begitu Anda akan mendapat kiriman artikel setiap ada artikel yang terbit.
Description: Fakultas Sains dan Teknologi UIN, Pariwisata dan Budaya serta Produk Unggulan UMKM maupun Home Industri lokal di Riau Rating: 4.5 Reviewer: Berry Hardisakha - ItemReviewed: Fakultas Sains dan Teknologi UIN, Pariwisata dan Budaya serta Produk Unggulan UMKM maupun Home Industri lokal di Riau

berryhs.com Owner Produk dari seorang enterpreneur muda berry hardisakha 4.4 10 Rp30.000 (Sale ends ) Produk Dari: Berry Foundation Kondisi Produk: excellent condition Ready Stock