Makanan Khas Surabaya Jawa Timur Lengkap

Makanan Khas Surabaya Jawa Timur Indonesia Lengkap. Ini dia Artikel berry blog kali ini kembali akan mengulas mengenai makanan ataupun minuman khas yang ada di indonesia secara lengkap aktual dan tajam terpercaya. jangan lupa sobat juga baca artikel berry blog sebelumnya mengenai makanan khas yogyakarta di indonesia.

Oke berikut makanan minuman khas Surabaya terkenal di indonesia :

Makanan Khas Surabaya

Rujak cingur adalah salah satu makanan tradisional yang mudah ditemukan di daerah Jawa Timur, terutama daerah asalnya Surabaya. Dalam bahasa Jawa kata "cingur" berarti "mulut", hal ini merujuk pada bahan irisan mulut atau moncong sapi yang direbus dan dicampurkan ke dalam hidangan. Rujak cingur biasanya terdiri dari irisan beberapa jenis buah-buahan seperti ketimun, krai (sejenis ketimun khas Jawa Timur),bengkoang, mangga muda, nanas, kedondong dan ditambah lontong, tahu, tempe, bendoyo dan cingur serta sayuran-sayuran seperti kecambah/tauge, kangkung dan kacang panjang. Semua bahan tadi dicampur dengan saus atau bumbu yang terbuat dari olahan petis udang, air matang untuk sedikit mengencerkan, gula/gula merah, cabai, kacang tanah yang digoreng, bawang goreng, garam dan irisan tipis-tipis pisang biji hijau yang masih muda (pisang klutuk). Semua saus/bumbu dicampur dengan cara diuleg, itu sebabnya rujak cingur juga sering disebut rujak uleg.

Berikut daftar lainnya untuk nama-nama makanan khas Surabaya  ini :

Jawa Timur
* Rawon
* Soto Lamongan
* Soto Kediri
* Pecel Madiun
* Lontong Balap
* Soto Madura

Nah demikian dari berry blog mengenai kumpulan minuman makanan khas indonesia mengenai makanan khas Surabaya.

Like THIS :
Share this article to: Facebook Twitter Google+ Linkedin Technorati Digg

Jika Anda menyukai Artikel di blog ini, Silahkan berlangganan gratis via email, dengan begitu Anda akan mendapat kiriman artikel setiap ada artikel yang terbit.