Hukum Islam Mengucapkan Selamat Natal

Hukum ucapan selamat natal, Berikut ini saya akan tampilkan hukum mengucapkan selamat natal kepada non muslim diskusi di FB da saya mau share ni, semoga bermanfaat mengenai hukum menurut islam ini.



Assalamu'alaikum..
Saya ingin bertanya pendapat ibu bapak kakak abang dan teman sekalian..

Apa hukumnya sekedar mengucapkan 'Selamat Natal'? Setahu saya itu tdk boleh, krna memang kita boleh bertoleransi ke non muslim tapi tdk dlm soal aqidah..
Tapi saya baru melihat liputan di stasiun TV dari menteri agama kita yg mengatakan 'Boleh ucapkan hanya dengan niat sekedar mengucapkan utk mmbahagiakan mereka, tdk ikut turut dlm ibadah (misa) mereka"

Ini sejenak jadi sedikit perdebatan antara saya dan bapak saya malam ini, berhubung beliau menanyai apakah saya sdh mngucapkan selamat tsb ke saudara saya yg Non muslim..
Bapak saya berada di pihak yg Pro krna pun dia blg Menteri Agama saja membolehkan..
Sdgkan saya tetap Kontra..

Bagaimana hal ini dapat saya tindak lanjuti? Sejujurnya saya sendiri jd merasa goyah..

Wassalamu'alaikum..
Suka ·  · Berhenti Mengikuti Kiriman · sekitar sejam yang lalu melalui seluler
Firmans Rahims dan Hera Arman menyukai ini.

DiditMaster Rinjano wassalam...setau yg pernh ane pelajari dan dengar dari berbagai guru hukumnya ha to the ram, alias haram, rasul aja ga pernh kok ucapin selamt hri raya utk agma lain
sekitar sejam yang lalu · Suka

Berry Hardisakha saran ane gak usah aja, apalagi tatik ragu kan,,ya gak usah..
sekitar sejam yang lalu · Suka

Nicky Green Zoeskay klw menurut yang saya dengar, mhn maav sblmnya lw ada yg non muslim, agama yg di benarkan Allah swt kan hanya islam. jadi yg non islam itu mmliki jlan yg salah..sekarang apakah boleh kita mengucapkan selamat atas kesalahan n kerugian orang?
sekitar sejam yang lalu · Suka

Tatik Anggraini Iyaa itu lah yg tatik dengar dan tatik tau selama ini..
Tapi tatik sendiri jadi aneh, kenapa menteri agama kita bisa mengeluarkan perkataan seperti itu? Krna ya kan kita ini umat, seyogyanya pun mengikuti kata pemimpin nya..
58 menit yang lalu melalui seluler · Suka

Tatik Anggraini Oh iya  Maaf kalo tiba tiba tatik buka forum diskusi ini, maaf kalo ada non muslim yg membaca. Sungguh saya mohon maaf , tidak ada niat untuk menyinggung satu sama lain..
57 menit yang lalu melalui seluler · Suka

Firmans Rahims Rasulullah SAW bersabda:”Jangan kalian mendahului mengucapkan salam kepada orang Yahudi atau Nashrani” (HR. Muslim).
--------------------
Buat kak tatik anggraini saya ingin beri pendapat juga

hadist di atas menjelaskan melarang ngucapkan salam dalam bentuk "pendahuluan" berarti ngucapkan salam nya pasti berbeda"

(assalamualaikum wr wb)
klo nggk salah artinya: selamat atas kamu Semoga keselamatan dari Allah .

keselamatan yg di beri allah baik dunia dan di akhirat berbeda dengan
mengucapkan
selamat natal bagi yang merayakannya
selamat jalan kepada non muslim
selamat tidur kepada non muslim
dll...

berbeda dgn ngucapkan salam yg seperti biasanya kita gunakan.
[penjelasan] jadi "mendahulukan" ucapan salam (assalamualaikum wr wb)
dilarang jadi di balik pendahuluan pasti ada berbagai macam mengucapkan salam
33 menit yang lalu · Telah disunting · Suka

Hera Arman Tatik Anggraini. ini kakak juga pernah diskusi dengan kawan, ini hadist yang kakak copas dari kawan kakak.

1. dari Abu Said al-Khudri ra bahwa Rasulullah Muhammad saw bersabda | "Kamu akan mengikuti sunnah (kebiasaan) orang-orang sebelum kamu"
2. lanjut Rasulullah | "Kamu akan mengikuti sunnah (kebiasaan) kaum-kaum sebelum kamu sejengkal demi sejengkal, sehasta demi sehasta"
3. "sehingga mereka masuk ke dalam lubang biawak (buaya) kamu tetap mengikuti mereka" | begitu simpul Rasulullah
4. kami (sahabat) bertanya | "Wahai Rasulullah, apakah yang kamu maksudkan itu adalah orang-orang Yahudi dan orang-orang Nasrani?"
5. Rasulullah saw bersabda menjawab | "Kalau bukan mereka (Yahudi dan Nasrani), siapa lagi?" ( HR Bukhari dan Muslim)
6. jadi sudah jelas sebenarnya bagi kita panutan | Rasulullah saw peringatkan, ingat-ingat, sedikit demi sedikit kita diajak geser aqidah
7. hari ini ucap selamat, besok ikut hias pohon natal, lusa ikutan makan-makan natal, minggu depan ke gereja | bulan depan, tahun depan?
8. toleransi jangan diartikan sempit | atau jangan gara-gara 'ngejer' dibilang toleran | dalil-dalil lain diabaikan

ada kutipkan pendapat Ibnu Qayyim Al-Jauziah | tentang mengucapkan "selamat" | mudah-mudahan manfaat
1. Ibnu Qayyim Al-Jauziah | "Memberi selamat atas acara ritual orang kafir yang khusus bagi mereka, disepakati bahwa perbuatan itu haram"
2. "Semisal memberi selamat atas hari raya dan puasa mereka, dengan mengucapkan, 'Selamat hari raya!' dan sejenisnya"
3. "Bagi yang mengucapkannya, kalau pun tidak sampai pada kekafiran, paling tidak itu merupakan perbuatan haram"
4. "Karena bererti dia telah memberi selamat atas perbuatan mereka yang menyekutukan Allah"
5. "Bahkan perbuatan itu lebih besar dosanya dan lebih dimurkai dari memberi selamat atas perbuatan minum khamar atau membunuh"
6. "Banyak orang yang kurang mengerti agama terjerumus dalam suatu perbuatan tanpa menyadari buruknya perbuatan tersebut"
7. "Seperti orang yang memberi selamat kepada orang lain atas perbuatan maksiat, bid’ah atau kekufuran"
8. "maka ia telah menyiapkan diri untuk mendapatkan kemarahan dan kemurkaan Allah" | begitu kesimpulan Ibnu Qayyim Al-Jauziah
9. wallahua'lam bisshawab | bila ada saudara kita yang berbeda pendapat | selama dia memiliki dalil, mari kita saling menghargai
34 menit yang lalu · Suka · 1

Marel Fathirusalam semua amal perbuatan tergantung niat nya
29 menit yang lalu · Suka

Firmans Rahims maaf posting nya copas kakak"
-------------------------------------------------
perhatikan hadist dibawah tersebut

1. dari Abu Said al-Khudri ra bahwa Rasulullah Muhammad saw bersabda | "Kamu akan mengikuti sunnah (kebiasaan) orang-orang sebelum kamu"
2. lanjut Rasulullah | "Kamu akan mengikuti sunnah (kebiasaan) kaum-kaum sebelum kamu sejengkal demi sejengkal, sehasta demi sehasta"
3. "sehingga mereka masuk ke dalam lubang biawak (buaya) kamu tetap mengikuti mereka" | begitu simpul Rasulullah
4. kami (sahabat) bertanya | "Wahai Rasulullah, apakah yang kamu maksudkan itu adalah orang-orang Yahudi dan orang-orang Nasrani?"
5. Rasulullah saw bersabda menjawab | "Kalau bukan mereka (Yahudi dan Nasrani), siapa lagi?" ( HR Bukhari dan Muslim)
6. jadi sudah jelas sebenarnya bagi kita panutan | Rasulullah saw peringatkan, ingat-ingat, sedikit demi sedikit kita diajak geser aqidah
7. hari ini ucap selamat, besok ikut hias pohon natal, lusa ikutan makan-makan natal, minggu depan ke gereja | bulan depan, tahun depan?
8. toleransi jangan diartikan sempit | atau jangan gara-gara 'ngejer' dibilang toleran | dalil-dalil lain diabaikan

______________________________
[penjelasan]
disini menjelaskan tentang kebiasan non muslim sebelum masa nabi yaitu nasrani dan yahudi

mengucapkan berbeda dgn hal nya kebiasaan...
kebiasaan yg di maksud seperti ritual mereka kita ikut serta walau tidak mengimani nya lama kelamaan bisa menjadi mengimani nya jadi inilah yg di larang rasullullah sampai ke lobang buaya (murtad)
maaf ini pendapat saja
26 menit yang lalu · Suka

Tatik Anggraini  terimakasih atas masukan dan ilmu ilmu nya kakak dan teman dan adek adek..
Saya pun sampai setelah berdebat dgn bapak saya, blum ada mengucapkan selamat tsb sama sekali, krna saya sungguh meyakini maksud arti toleran dari firman allah di Qs. Al Kafi...Lihat Selengkapnya
25 menit yang lalu melalui seluler · Suka · 1

Hera Arman setuju dengan Firmans Rahims
24 menit yang lalu · Suka

Hera Arman kakak sering ucapkan, juga ikut membantu kwan non muslim membelikan perlengkapan untuk hari besar mereka.

tapi setelah diberitahu kwan yang lebih tau, dengan logika yang masuk akal, kakak tidak pernah lagi..
21 menit yang lalu · Suka · 1

Alit Perdana waktu pas puasa pernah saya mendengar quraisihab membahas tentang hal serupa dan inti nya kalau hanya mengucapkan saja tidak apa" si.
18 menit yang lalu · Suka

Alit Perdana dan untuk Tatik Anggraini kalau mau tau landasan beliau ya tanya aja langsung ke orang nya
16 menit yang lalu · Suka

DiditMaster Rinjano Tdi ane baca di slah stu fp ttg ucapan selmt hri rya kpd yg lain.

kira kira ksahnya spt ini

A: non muslim
B: muslim

A ; knla kmu tdk mgcpkn selmt hri rya kpda ku ?

b : krn it adlh perinth agma kami

a : padahal itu kan hanha ucapan

b : baiklah, kalau bgitu maukah engkau mengucapkn syahadat ?

a : tidak

b : kenapa ? kan it jga sbh ucapan

a : krn itu dpt mengganggu keyakinan kami
16 menit yang lalu melalui seluler · Suka

Tatik Anggraini --" heleeeh alit ni melenceng lak dia, jauh menteri kita tu lit, Jauuuuuh.. Pffft

@kak didit : udah pernah liat jga postingan itu kak
Skrg yg tatik pertanyakan itu tuuuh si menteri kita aja , masih penasaran , apa sih landasan dia ya?????
13 menit yang lalu melalui seluler · Suka

Alit Perdana makanya kalau mau tau kirim lah email ke mentri nya
11 menit yang lalu · Suka

DiditMaster Rinjano bsk kalo pak mentri nya ke uin kita tanyain yah
11 menit yang lalu melalui seluler · Suka · 1

Firmans Rahims jadi menurut kak tatik nggk boleh yah mngucapkan "selamat natal bagi yang merayakannya"?
klo menurut aye sih boleh " ajha  asal tidak ikut campur tangan dalam merayakan.
memberi selamat itu kan berbeda"
hihihihi
-----------------
[tapi kebenaran yang sesungguh nya hanya Allah yang tau] dan ini hanya batas pemikiran saya saja
9 menit yang lalu · Telah disunting · Suka

DiditMaster Rinjano ehm..ngomong2 ttg ucapan slam nh...ane pernh bca sbh riwyat. suatu ktika ada seorang yahudi yg mgcpkn salam kpd rasul, namun beliau menjwb salamnya dgn celakalah utk mu...

cmiiw
7 menit yang lalu melalui seluler · Suka

Tatik Anggraini Iyaaa , saya sampai saat ini meyakini kalo itu tidak boleh.. Karena sesungguhnya Bagimu agamu Bagiku agamaku. Toleransi manusia itu berbatas , toleransi utk kebersamaan sesama itu boleh tapi toleransi yg menyangkut aqidah dan iman seseorang itu tidak boleh  walau pun sekedar mengucapkan, tapi itu bisa saja berbeda arti di pandangan yg lain..
7 menit yang lalu melalui seluler · Suka · 1

DiditMaster Rinjano setuju sma tatik...

*toss ^_^/*\^_^
4 menit yang lalu melalui seluler · Suka

Tatik Anggraini Terimakasih untuk berbagi pendapatnya apapun yg akhirnya kita yakini, jika itu salah semoga segera dibenarkan, jika itu benar semoga semakin dibenarkan, amin
sekitar satu menit yang lalu melalui seluler · Suka · 1

Hera Arman aamiin..
sekitar satu menit yang lalu · Suka

Tatik Anggraini Termasuk untuk bapak saya sendiri, orangtua saya  semoga akhirnya dapat mendapat petunjuk yg benar, krna saya sendiri sdh mengatakan yg saya yakini benar, tapi sepertinya masih tertutup pintu hati utk masuk nya kebenaran itu.. Amin
beberapa detik yang lalu melalui seluler · Suka


Nah demikian diskusinya mengenai ucapan selamat natal dan semoga bisa bermanfaat untuk sobat semuaa yaaa.

Like THIS :
Share this article to: Facebook Twitter Google+ Linkedin Technorati Digg

Jika Anda menyukai Artikel di blog ini, Silahkan berlangganan gratis via email, dengan begitu Anda akan mendapat kiriman artikel setiap ada artikel yang terbit.