Yuk Kenali Jenis Ayam berdasarkan Fungsinya

Sabung ayam - Setiap jenis ayam ternyata tidaklah sama, Ayam dapat dibedakan berdasarkan fungsinya. Ada ayam petelur, ayam pedaging dan juga ayam pedanging dan petelur. Yuk simak penjelasin jenis ayam berdasarkan fungsinya berikut ini:



Ayam petelur
Ayam petelur merupakan ayam betina yang dipelihara khusus untuk diambil telurnya. Asal mula ayam unggas adalah berasal dari ayam hutan dan itik liar yang ditangkap dan dipelihara serta dapat bertelur cukup banyak. Hal ini menyebabkan pengembangan usaha ternak unggas jenis ras layer (ayam petelur) di Indonesia masih memiliki prospek yang bagus, terlebih lagi konsumsi protein hewani masih kecil.

Ayam Pedaging
Ayam broiler adalah istilah untuk menyebutkan strain ayam hasil budidaya teknologi yang memiliki karakteristik ekonomis dengan ciri khas pertumbuhan cepat sebagai penghasil daging, konversi pakan irit, siap dipotong pada usia relatif muda, serta menghasilkan kualitas daging berserat lunak . Ayam pedanging ini disebut juga sebagai ayam potong yang mana ayam potong ini memiliki bulu berwarna putih dan banyak dijual dipasara.

Ayam Petelur dan Pedaging
Ayam ini mempunyai sifat tengah-tengah yaitu mampu memproduksi telur dan daging, tetapi produksi telur lebih rendah dibanding ayam petelur dan produksi daging lebih rendah dibanding tipe pedaging, oleh karena itu ayam ini dinamakan tipe dwiguna (dualpurpose). Ayam tipe dwiguna ini umumnya berasal dari Amerika. 

You May Like :

0 Response to "Yuk Kenali Jenis Ayam berdasarkan Fungsinya"